Pengertian Sakinah Mawaddah Warrahmah

Kita sering  menuliskan kepada mempelai yang baru saja menikah : ” Semoga menjadi keluarga Sakinah Mawaddah, Warrahmah ”
Tapi tau  tidak sih artinya apa ? :D

Pengertian sederhananya, Sakinah adalah rasa tentram dan nyaman.
Mawaddah adalah rasa cinta yang menggebu pada pasangan.
Sedang Rahmah adalah rasa kasih sayang, belas kasih.

Dari rahmah inilah munculnya keinginan adanya untuk saling berkorban, memberikan yang terbaik dari pasangannya bukan karena kewajiban semata, namun semua tergerak karena rahmah terhadap pasangannya.

Banyak juga orang yg cukup ilmu agamanya, paham teorinya tp ternyata tdk mampu untuk mewujudkannya dalam bentuk amalan atau perbuatan. Ternyata ilmu agama saja memang tdk cukup, tapi harus tindakan nyata seluruh anggota keluarga.

Dari hal kecil saja, misal dari cara bicara. Rasululllah memberi teladan, memmanggil pasangannya tidak pernah menyebut namanya. Namun dengan panggilan sayang khusus baginda untuk istrinya. Seperti memanggil Aisyah, RA dengan “yaaa humairoh” yang berarti yang kemerah-merahan karena pipi Aisyah yang cantik lucu kemerahan :-)

Bagaimana dengan kita ? Ketika mengingatkan pasangan dengan memanggilnya ” sayang ” pasti pasangan kita mau mendengarkan dan langsung mengerjakannya dengan senang hati. Ketimbang mengatakan dengan datar : “ ayah jangan baca koran aja dooong ” sambil berdiri padahal pasangan kita sedang duduk :p

Intinya, cara bicara mungkin hal kecil, tapi berpengaruh. Selain bicara dengan tutur kata yang baik dan lembut, menjalin komunukasi intensif dengan pasangan amatlah perlu terus dibina.

Menjaga penampilan untuk suami di rumah, menjadikan suami terus kembali ke rumah, anti godaan wanita-wanita cantik diluaran sana. Sehingga inilah yang dikatakan, Mawaddah.. selalu menggebu-gebu pada pasangannya semata.

Al-Qur’an pun telah memberikan tuntunan lengkap kehidupan berumah tangga ini. Jika diikuti pula dengan tauladan rumah tangga Rasulullah, keluarga Sakinah, Mawaddah, Warrahmah ini Insya Allah akan terealisasi. Amiin :-)

 

 

Kantor Kedua Horizontal

About Jendela Ilmu

JENDELA ILMU, ditulis oleh 13 orang perempuan dengan beragam latar belakang. Mereka membagi ilmu pengetahuan formal, pengalaman, hobby, atau apa saja yang diharapkan bermanfaat bagi yang membaca halaman ini :-)

Speak Your Mind

*